Minggu, 29 Agustus 2010

Foto:Alexandre Pato saat mencetak gol ke gawang Lecce/Reuters

MILAN - Meski tanpa bantuan Zlatan Ibrahimovic, AC Milan tetap mampu tampil trengginas. Menghadapi Lecce di laga perdana, Senin (30/8/2010) dini hari waktu Indonesia, I Rossoneri menang telak 4-0. Kemenangan ini praktis mengantar armada Massimiliano Allegri untuk sementara memimpin klasemen sementara Serie A.

Tampil di hadapan puluhan ribu Milanisti yang datang khusus untuk menyambut bomber pinjaman dari Barcelona, Ibrahimovic, Alexandre Pato dkk tampil impresif di laga pembuka. Empat gol tanpa balas berhasil disarangkan Milan, melalui dwigol Pato, Tiago Silva dan bomber veteran Filippo Inzaghi.

Sejak awal laga, Milan memang tampil penuh determinasi. Terbukti, belum genap laga menginjak 15 menit, Milan sukses mendapat dua peluang emas yang masing-masing didapatkan Thiago Silva dan Pato. Sayang, upaya mereka masih belum membuahkan hasil.

Namun, saat laga memasuki menit 16, Milan tak menyia-nyiakan kesempatan membuka keunggulan melalui Pato. Memanfaatkan kerja sama apik kapten Massimo Ambrosini dan Marco Borriello yang memberikan umpan matang, Pato hanya membutuhkan sekali kontrol untuk kemudian melepaskan tembakan yang tak kuasa dibendung kiper Lecce. 1-0 untuk Milan.

Unggul satu gol, Milan kian bersemangat mengobrak-abrik pertahanan Lecce. Alhasil, tujuh menit berselang Thiago berhasil menggandakan keunggulan timnya setelah memanfaatkan kemelut di muka gawang Lecce. Milan semakin menjauh dengan keunggulan 2-0.

Tak puas dengan dua gol, Milan kembali menambah pundi-pundi golnya pada menit ke-28. Gol ketiga Milan kali ini dicetak Pato yang berhasil mencetak gol keduanya pada laga ini, setelah memanfaatkan umpan terobosan Ronaldinho dan berhasil melepaskan diri dari jebakan offside. Keunggulan 3-0 Milan bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Milan mulai mengendurkan serangan. Praktis, hal ini membuat pertandingan berjalan sedikit monoton dengan Lecce yang kini mulai melakukan tekanan. Namun, hal ini tak lantas membuat Milan bermain bertahan. Mereka tetap mendominasi dalam melakukan penyerangan.

Itu terbukti saat, striker pengganti Filippo Inzaghi yang masuk menggantikan Borriello di menit ke-60 mendapat peluang emas saat baru empat menit menginjakkan kaki di lapangan. Memanfaatkan umpan Ronaldinho, striker gaek ini sukses melepaskan tembakan yang sayangnya masih membentut mistar.

Memasuki pertengahan laga, Allegri yang tampak sudah cukup puas dengan hasil 3-0, mulai melakukan rotasi. Pato digantikan Kevin-Prince Boateng. Sebelumnya, mantan pelatih Cagliari ini juga sudah menarik kapten tim Ambrosini dan memasukkan gelandang enerjik Gennaro Gattuso.

Meski mulai berkonsentrasi menjaga keunggulan, namun Milan tak lantas bermain bertahan. Mereka tetap menyerang. Bukti sahihnya pun terlihat pada menit ke-90 saat Inzaghi menambah koleksi gol Milan menjadi empat gol tanpa balas setelah memanfaatkan bola rebound. Keunggulan 4-0 Milan pun bertahan hingga laga usai.

Kemenangan besar ini pun kontan membawa Milan untuk sementara memuncaki klasemen umum dengan raihan tiga poin.

Susunan Pemain:
AC Milan: Milan: Abbiati - Thiago Silva, Nesta, Antonini, Bonera - Pirlo, Seedorf, Ambrosini/Gattuso - Ronaldinho, Borriello/Inzaghi, Pato/Kevin Prince-Boateng.

Lecce: Rosati - Ferrario, Sini, Giulatto, Donati - Giacomazzi, Grossmuller, Vives - Corvia, Mesbah, Munari (acf)

Tidak ada komentar: